dimiliki seseorang agar bisa hidup optimal. Penelitan ini dilakukan oleh perusahaan finansial Raisin UK untuk melihat berapa banyak uang yang setidaknya harus dimiliki seseorang agar mereka bisa memiliki kualitas hidup yang baik.
Peneliti menggunakan data yang diambil dari badan statistik nasional Inggris, Office for National Statistic (ONS), dan Happy Planet Index untuk melihat dan mengukur pendapatan rata-rata masyarakat yang harus dimiliki agar bisa bahagia. Mereka juga memanfaatkan data Produk Domestik Bruto (PDB) negara dan membandingkannya dengan data World Happiness Index.
Ada 10 negara yang memiliki indeks kebahagiaan dengan orientasi uang. Berdasarkan hasil riset, rata-rata uang yang harus dimiliki oleh seseorang agar bisa membeli kebahagiaan ialah 64 ribu poundsterling atau Rp 1,2 miliar per tahun.
Adapun negara terbaik di mana uang bisa dimanfaatkan untuk mendapat kebahagiaan adalah Luksemburg dengan pendapatan negara sebesar 94.589 poundsterling (Rp 1,7 miliar) per tahun dan indeks kebahagiaan berdasarkan uang sebesar 146. Di peringkat kedua ada Irlandia dengan pendapatan 63.750 poundsterling (Rp 1,1 miliar) per tahun dan indeks kebahagiaan karena uang sebesar 144.
Fakta menariknya, Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 10 besar negara di mana uang bisa membeli kebahagiaan. Mereka berada di peringkat ketiga dengan PDB per kapita 52.392 poundsterling (sekitar Rp 900 juta).
Sementara Norwegia dan Swiss berada di urutan ke-empat dan ke-lima. Posisi 10 besar dilengkapi oleh Amerika Serikat, Islandia, Denmark, Belanda, dan Swedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *